thumbnail

Tugas Fisika Statistik: Peluang pelemparan dadu dengan bahasa python dan c

Fisika Statistik
Simulasi peluang distribusi dengan bahasa python dan bahasa c

Hallo sahabat gafisteen.com kali ini kakak akan membagikan contoh dari tugas fisika statistik yang diampu oleh ibu Siti Alaa. M.Si. Sebelum kakak membagikan contoh pengeyelesaian soalnya adik-adik harus tau dulu apa itu fisika statistik.

Fisika Statistik mempelajari perilaku sistem mikroskopis dengan jumlah partikel pembentuk yang sangat banyak melalui dua pendekatan, yaitu hukum distribusi statistik klasik (statistik Maxwell-Boltzmann) dan distribusi statistik kuantum (statistik Bose-Einstein dan statistik Fermi-Dirac). Dalam perkuliahan, akan dijelaskan perbedaan antara ketiga hukum distribusi statistik tersebut dan terapan ketiga jenis distribusi pada beberapa kasus fisika, misalnya gas ideal dan gas sejati, gas boson dan gas fermion, gas klasik dan semi-klasik, paradox Gibbs, entropi gas klasik dan semi-klasik, gas monoatomik dan diatomik, kalor jenis gas monoatomik dan diatomik, kalor jenis zat padat menurut statistik klasik dan kuantum, dan fungsi partisi total dalam kehadiran interaksi molekuler, serta pengenalan konsep ensembel (mikro kanonik, kanonik, dan kanonik besar).

Salah satu penerapan statistik dari fisika yaitu menghitung peluang ruang sampel pada pelemparan mata dadu, namun kali ini kakak akan membagikan bagaimana menghitung ruang sampel itu dengan menggunakan logika pemograman. Salah satu bahasa yang kakak gunakan adalah bahasa python supaya bisa menunjukkan grafik peluangnya, namun akan ditunjukkan juga bagaimana pemograman dalam bahasa c.

Pelemparan dadu berjumlah 4 dengan mata dadu berjumlah 8 dengan bahasa python:


Kemudian untuk pelemparan dadu berjumlah 5 dengan mata dadu berjumlah 6 dengan bahasa c:

Kode diatas dapat kalian edit sesuai dengan pertanyaan yang ditanyakan jika ingin menambahkan jumlah dadu yang ingin dilempar maka kalian dapat mengedit pada bagian yang ditandai. Sehingga kodenya dapat menjadi seperti dibawah ini:



Kalian dapat menambahkan jumlah dadu yang diinginkan dengan menambahkan jumlah perulangan atau looping. Itulah dua contoh sederhana aplikasi dari fisika statistika yang mungkin sebagai refrensi adek-adek untuk belajar. Jangan lupa dishare ya :)

#pelemparan dadu
#peluang dengan python

Request Materi

Selalu ikuti artikel terbarunya melalui email

No Comments